Rayakan HUT RI ke-78, Warga Dusun Rejoso Pawai Bendera Sepanjang 100 Meter

Kota Batu – Pada kamis siang (17/08/2023) para warga Dusun Rejoso, Kecamatan Junrejo, Kota Batu dengan antusias mengikuti gelaran pawai bendera bendera merah putih dengan panjang 100 meter. Pawai itu merupakan rangkaian acara memperingati HUT RI ke-78 yang digelar oleh Kampung Rejoso. 

Dedik Suprapto, selaku Kepala Dusun Rejoso mengatakan, tujuan diadakannya pawai bendera ini guna menanamkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air. “Ini merupakan agenda tahunan Dusun Rejoso, dan warga disini sangat antusias mengikuti gelaran,” ujarnya dengan bangga. 

Ia juga mengapresiasi Inisiatif dari para pemuda Dusun Rejoso yang dengan mandiri membuat bendera dan kompak mengikuti gelaran pawai ini. Dedik juga berharap, para pemuda agar tetap menjaga kekompakan dan guyub rukun di era globalisasi ini. 

Pawai bendera merah putih ini merupakan tahun kedua, gelaran pawai bendera pertama kali digelar di tahun 2022. Menariknya, bendera merah putih sepanjang 100 meter ini dibuat oleh karang taruna Rejoso dengan iuran pribadi mereka. 

Selain gelaran pawai bendera, warga Dusun Rejoso mulai dari anak-anak sampai orang tua dengan kompak mengikuti upacara bendera yang dilaksanakan di sepanjang jalan Dusun. “Seluruh elemen masyarakat dilibatkan dalam upacara bendera ini,” ungkap Feby Wijianto, koordinator acara pawai bendera. 

Feby bercerita, pawai bendera ini telah memasuki tahun kedua, gelaran pertama diadakan di tahun 2022. “Dulu cuma mengarak bendera keliling kampung dan dengan spontan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Tapi tahun ini juga diadakan upacara bendera,” tambahnya. 

Salah satu warga, Tomy Ade, sangat berkesan dengan inovasi karang taruna Rejoso yang menyelenggarakan pawai bendera. Namun, ia juga berharap untuk acara kedepannya diselenggarakan di tempat yang lebih luas agar acara lebih ramai lagi.  (DFW)